Home » » Pilar Shalat Yang Ke Delapan (Duduk Antara Dua Sujud)

Pilar Shalat Yang Ke Delapan (Duduk Antara Dua Sujud)


  A.  Pendahuluan
Duduk di antara dua sujud termasuk rukun dalam shalat, sebagai pemisah antara sujud pertama dengan sujud kedua. Dalam pembahasan ini akan dikupas tentang kaifiat duduk antara dua sujud, sujud kedua, dan duduk tahyat awal. Tujuannya yaitu untuk member pemahaman tentang tata cara duduk antara dua sujud, sujud kedua, dan duduk tahyat awal serta hal-hal yang berkaitan dengannya.


B.  Kaifiat duduk antara dua sujud dan bacaannya
Abu Ḥumaidi al-Sā’idī berkata:
عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ السَّاعِدِيّ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ … ثُمَّ هَوَى اِلَى اْلاَرْضِ سَاجِدًا ثُمَّ قَالَ: اللهُ اَكْبَرُ ثُمَّ جَافَى عَضُدَيْهِ عَنْ اِبْطَيْهِ وَ فَتَخَ اَصَابِعَ رِجْلَيْهِ، ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَ قَعَدَ عَلَيْهَا. ثُمَّ اعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلاً، ثُمَّ هَوَى سَاجِدًا، ثُمَّ قَالَ: اللهُ اَكْبَرُ. ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ وَ قَعَدَ وَ اعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ. ثُمَّ نَهَضَ، ثُمَّ صَنَعَ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذلِكَ. الترمذى[1]
Artinya:  Dari Abu Humaidi as-Sā’idi, ia berkata, “Adalah Rasulullah Saw. apabila berdiri untuk shalat …. kemudian beliau turun bersujud, kemudian membaca Allāhu Akbar. Kemudian merenggangkan kedua lengannya dari ketiaknya dan menancapkan jari-jari kakinya, kemudian beliau melipat kaki kirinya dan duduk diatasnya sehingga semua tulang kembali pada tempatnya. Kemudian beliau turun bersujud (kedua), kemudian membaca Allāhu Akbar. Kemudian melipat kaki kirinya dan duduk tegak diatasnya sehingga semua tulang kembali pada tempatnya. Kemudian beliau bangkit dan melakukan untuk rakaat kedua seperti itu pula".
al-Imam al-Gazali menjelaskan di dalam karyanya Bidayah al-Hidayah:
...ثم ترفع من السجود مكبرا حتى تعتدل جالسا و اجلس على رجلك اليسرى وانصب قدمك اليمنى وضع يديك على فخذك والأ صابع منشورة، وقل رب اغفرلى وارحمنى وارزقنى واهدنى واجبرنى وعافنى واعف عنى،...[2]
Kemudian bangkit dari sujud seraya mengucapkan takbir sehingga duduk dengan tegak. Duduklah di atas kaki kirimu dan luruskan kaki kananmu, letakkan kedua tanganmu di atas pahamu dan jari-jari diluruskan. Dan ucapkanlah:
رب اغفرلى وارحمنى وارزقنى واهدنى واجبرنى وعافنى واعف عنى
(Tuhanku ampunilah aku, berilah aku rahmat, berilah aku rizki yang halal, berilah aku hidayah, berilah aku harta yang melimpah, berilah aku keselamatan dunia akhirat, dan hapuslah dosaku).

Ø Keadaan jari-jari tangan  ketika shalat itu ada enam:
فائدة : للأصابع ست حالات في الصلاة : فحالة الرفع في نحو التَّحرم يندب تفريقها ، وحالة القيام والاعتدال لا تفريق ، وحالة الركوع تفرق على الركبتين ، وحالة السجود تضم وتوجه للقبلة ، وحالة الجلوس بين السجدتين كالسجود في الأصح ، وحالة التشهد تقبض اليمنى لا المسبحة وتبسط اليسرى مضمومة اهـ كردي و ش ق[3]
§  Disunatkan merenggangkan jari-jarinya, yaitu ketika mengangkat tangan saat semisal takbiratul ihram.
§  Tidak merenggangkan jari-jarinya, yaitu ketika berdiri dan i'tidal (bangun dari ruku').
§  Disunatkan merenggangkan jari-jarinya diatas lutut, yaitu ketika ruku'.
§  Disunatkan menempelkan jari-jarinya dan mengarahkannya ke arah kiblat, yaitu ketika sujud.
§  Ketika duduk diantara dua sujud menurut pendapat yang ashah keadaannya sama seperti saat sujud.
§  Jari-jari tangan kanan disunatkan digenggamkan kecuali jari telunjuk, sedangkan jari-jari tangan kiri tidak digenggamkan, namun ditempelkan antara satu jari dengan jari lainnya.

C.  Sujud kedua
Setelah duduk di antara dua sujud secara iftirasy, kemudian melakukan sujud yang kedua. Dilakukan dengan kaifiyah yang sama dengan sujud yang pertama, baik dari sisi cara maupun bacaan zikir yang diucapkan. Berkaitan dengan sujud, tidak ada larangan untuk menggunakan tikar atau karpet sebagai alas. Karena tidak ada kewajiban untuk menyentuhkan dahi ke tanah secara langsung. Berikut ini adalah hadis shahih tentang diperbolehkannya menggunakan tikar sebagai alas ketika mendirikan shalat:
حَدَّثَنِيْ أَبُوْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيُّ أَنَّهُ دَخَلَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَرَأَيْتُهُ يُصَلِّي عَلَى حَصِيْرٍ يَسْجُدُ عَلَيْهِ (صحيح مسلم)[4]
Artinya:  Telah menceritakan kepadaku Abu Sa’id  al-Khudriy bahwasanya ia masuk kepada Nabi Saw, kemudian ia berkata: Aku melihat Nabi Saw. shalat di atas tikar, tempat dimana beliau bersujud di atasnya.
Di dalam kitab Syar an-Nawawi ‘alā Ṡaḥīḥ Muslim, Imam Nawawi memberikan penjelasan tentang hadis tersebut diatas:
قَوْلُهُ: فَرَأَيْتُهُ يُصَلِّي عَلَى حَصِيْرٍ يَسْجُدُ- فيه دليل على جواز الصلا ة على شيء يحول بينه وبين الأرض من ثوب و حصير وصوف وشعر وغير ذلك، وسواء نبت من الأرض أم لا. وهذا مذ هبنا ومذهب الجمهور[5] 
Mengenai ucapan Abu Sa’id al-Khudri: Aku melihat Nabi Saw. shalat di atas tikar, tempat dimana beliau bersujud di atasnya-Hadis ini adalah dalil atas diperbolehkannya shalat di atas sesuatu yang menghalanginya dengan tanah dengan menggunakan kain, tikar, wol, dan kain panas dan yang selainnya. Dan demikian sama saja jika adanya tumbuhan diatas tanah ataupun tidak. Dan ini adalah mazhab kita (Syafi’iyyah) dan jumhur.

D.  Duduk tahyat awal dan bacaan tasyahud


Sabda Nabi Saw:
عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار[6]
Artinya: Dari Abu Humaid, ia berkata, "….. Maka apabila beliau Saw. duduk pada dua raka’at, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rakaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau".
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا، وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار[7]
Artinya:  Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah Saw. apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo'a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya". Dan dalam satu lafadh, "Adalah beliau Saw. apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri".
  و ( سن ) بعد (سجدة) ثانية ( لا بعد سجود تلاوة ) يقوم عنها (بأن لا يعقبها تشهد)  جلسة خفيفة تسمى جلسة الاستراحة للاتباع رواه البخاري وما ورد مما يخالفه غريب ولو صح حمل ليوافق غيره على بيان الجواز[8]
Intinya disunahkan duduk sebentar yang bernama duduk istirahah setelah sujud kedua.
Adapun bacaan tasyahud dan shalawat dalam tahyat awal adalah:
اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيّبَاتُ للهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا  وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ،: اَللّهُمَّ صَلّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Segala kehormatan, segala berkah, segala 'ibadah dan segala yang baik-baik itu kepunyaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepada-mu wahai Nabi, dan begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah. Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad.

E.  Penutup
Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan bahwa Duduk di antara dua sujud termasuk rukun dalam shalat, sebagai pemisah antara sujud pertama dengan sujud kedua. Caranya adalah dengan mengangkat kepala dari posisi sujud dibaringi dengan mengucapkan bacaan takbir dan berakhir ketika telah duduk secara sempurna, dan cara duduk yang dianjurkan adalah iftirasy yaitu duduk diatas kaki yang kiri dan meluruskan kaki yang kanan kemudian membaca do’a.




Footnot:
[1] At-Tirmizi, Sunan, Juz. I, h. 188.
[2] Imam al-Gazali, Bidayah, h. 46.
[3] Sayyed Abdurrahman bin Muhammad Ba’lawi, Bugyah , Juz. I, h. 58.
[4] Imam Muslim, Ṡaḥīḥ,  Juz. III,  h. 102.
[5] Imam an-Nawawi, Syarh an-Nawawi ‘alā Ṡaḥīḥ Muslim, Juz. 3 (Beirut: Dār al-Fikr, 1981), h. 103.
[6] Muhammad al-Syaukani, Nail, Juz. II, h. 306.
[7] Ibid, h. 316.
         [8] Zakariya al-Anṡari, Fatḥ al-Wahhāb, Juz. I (Beirut: r al-Fikr, t.t.), h. 80.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.