Home » » Pilar Shalat Yang Ke Lima (Ruku’)

Pilar Shalat Yang Ke Lima (Ruku’)


A.  Pendahuluan
Shalat adalah tiang agama yang memiliki 13 pilar yang terdiri dari gerakan-gerakan fisik lahiriah dan gerakan hati. Salah satu dari gerakan fisik yang menjadi tiang bangunan shalat adalah ruku’. Di dalam pembahasan ini akan dibincangkan berbagai hal yang berkaitan dengan ruku’. Seperti bacaan-bacaan, syarat-syarat, sunat-sunatnya, dan kesempurnaan ruku’.
Tujuan pembahasan ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang tata cara ruku’ yang benar menurut tuntunan fiqh. Agar pembaca dapat memperbaiki kekurangan dan kesalahannya dalam pelaksanaan rukun shalat itu.

B.  Ruku' dan bacaan dalam ruku'

Ruku’ merupakan salah satu rukun di dalam shalat sehingga wajib hukumnya untuk dikerjakan. Perintah untuk ruku’ ada tercantum di dalam al-Qur’an:
واقيموا الصلاة وآتواالزكاة واركعوا مع الراكعين[1]
Artinya:  Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.
Berkata Abu Ḥumaidi al-Sā’idī:
قَالَ اَبُوْ حُمَيْدِ السَّاعِدِيّ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا وَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ، فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ اَللهُ اَكْبَرُ وَ رَكَعَ ثُمَّ اعْتَدَلَ فَلَمْ يُصَوّبْ رَأْسَهُ وَ لَمْ يُقْنِعْ وَ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ. الترمذى[2]
Artinya: Telah berkata Abu Humaidi as-Sā'idi, “Adalah Rasulullah Saw. apabila hendak shalat, beliau berdiri tegak dan mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya (kemudian bertakbir). Maka apabila hendak ruku', beliau mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya kemudian membaca Allāhu Akbar, lalu ruku' dengan lurus, yakni tidak terlalu menundukkan dan tidak pula meninggikan kepalanya, dan beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya”.

C.  Bacaan, syarat-syarat, dan sunat-sunat dalam ruku’
Adapun bacaan dalam ruku' yang dituntun oleh Nabi Saw itu banyak macamnya, bacaan yang umum dilakukan seperti yang tersebut di dalam hadis ini  :
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص.م فَكَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ وَ فِى سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. مسلم و الترمذى، و اللفظ للترمذى، فى نيل الاوطار[3]
Artinya:  Telah berkata Hudzaifah : Saya pernah shalat bersama Nabi Saw. dan adalah beliau membaca pada ruku'nya “Subḥāna rabbiyal-'aẓīm” (Maha suci Tuhanku yang Maha Besar), dan pada sujudnya beliau membaca “Subḥāna rabbiyal ’alā” (Maha suci Tuhanku yang Maha Tinggi).
( و ) خَامِسُهَا :( رُكوعٌ بِاِنْحِناءٍ بِحَيْثٌ تَنَالُ رَاحَتَاهُ ) وَهُمَا مَا عَدَا الاصابع مِنَ الْكَفَّيْنِ ، فَلَا يَكْفِيَ وُصُولٌ الاصابع ( ركبتيه ) لَوْ أَرَادَ وَضْعَهُمَا عَلَيْهِمَا عِنْدَ اِعْتِدالِ الْخِلْقَةِ . هَذَا أَقَلٌّ الرُّكوعِ .( وَسِنَ ) فِي الرُّكوعِ ( تَسْوِيَةُ ظُهْرِ وَعنقٍ ) بِأَنَّ يمدهما حَتَّى يُصَيِّرَا كَالْصَّفِيحَةِ الْوَاحِدَةِ ، لِلْاِتِّبَاعِ .( وَأَخَذَ ركبتيه ) مَعَ نُصْبِهُمَا وَتَفْرِيقَهُمَا ( بِكَفِّيِهِ ) مَعَ كَشْفِهُمَا وَتَفْرِقَةُ أَصابِعِهُمَا تَفْرِيقًا وَسَطًا ( وَقَوَّلَ سُبْحَانَ رَبِّي الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ ، ثَلَاثًا ) لِلْاِتِّبَاعِ . وَأَقَلٌّ التَّسْبِيحَ فِيه وَفِي السُّجُودِ مَرَّةً ، وَلَوْ بِنَحْوٍ سُبْحَانَ اللهِ ، وَأَكْثَرُه إحْدَى عَشْرَةً . وَيَزِيدُ مِنْ مَرٍّ نَدَبًا : اللَّهُمُّ لَكَ رَكَعْتُ ، وَبِكَ آمَنْتِ ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ . خُشِعَ لَكَ سَمْعَي وَبَصَرَي وَمُخُّي وَعَظْمِيُّ وَعَصَبِيُّ وَشِعْرِيُّ وَبَشَرِيٌّ ، وَمَا اِسْتَقَلْتِ بِهِ قَدَمَي - أَيُّ جَمِيعَ جَسَدِي - لِلِهُ رَبٍّ الْعَالَمِينَ . وَيَسُنُّ فِيه وَفِي السُّجُودِ : سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمُّ اغفرلي . وَلَوْ اِقْتَصَرَ عَلَى التَّسْبِيحِ أَوْ الذِّكْرُ فَالتَّسْبِيحُ أَفْضُلُ ، ثَلاثُ تَسْبِيحَاتٍ مَعَ اللَّهُمِّ لَكَ رَكَعْتُ إِلَى آخِرِهِ أَفْضُلُ مِنْ زِيادَةِ التَّسْبِيحِ إِلَى إحْدَى عَشْرَةً . وَيُكْرَهُ الِاقْتِصَارُ عَلَى أَقَلٌّ الرُّكوعِ وَالْمُبَالَغَةَ فِي خَفْضِ الرَّأْسِ عَنِ الظُّهْرِ فِيه . وَيَسُنُّ لِذَكَرَ أَنْ يُجَافِيَ مِرْفَقِيِهِ عَنْ جَنْبِيِهِ ، وَبَطَنَهُ عَنْ فَخْذِيِهِ ، فِي الرُّكوعُ وَالسُّجُودُ . وَلِغَيْرَه أَنْ يَضُمَّ فِيهُمَا بَعْضُه لِبَعْضٍ .( تَنْبِيهٌ ) يَجِبُ أَنَّ لَا يَقْصِدْ بِالْهُوَِّيِ لِلرُّكوعِ غَيْرَه ، فَلَوْ هَوِيًّ لِسُجُودِ تِلاوَةٍ فَلَمَّا بُلِغَ حَدُّ الرُّكوعِ جُعِلَهُ رُكوعًا لَمْ يَكْفِ ، بَلْ يَلْزَمُهُ أَنْ يَنْتَصِبَ ثُمَّ يَرْكَعُ ، كَنَظِيرِهِ مِنَ الْاِعْتِدالِ وَالسُّجُودُ وَالْجُلُوسُ بَيْنَ السَّجَدَتَيْنِ [4]
Ruku’ wajib dilakukan dengan cara meletakkan telapak tangan pada lutut. Tidak boleh hanya meletakkan jari. Ketika melaksankan ruku’, ada beberapa hal yang disunnahkan:
a.    Menyamakan posisi punggung dan leher bagaikan sehelai papan yang rata
b.    Memegang kedua lutut, menegakkan, dan melebarkannya, serta dengan menjarangkan jari-jari tangannya.
c.    Mengucapkan “ سبحان ربي العظيم وبحمده” sebanyak tiga kali. Perlu diketahui bahwa sekurang-kurang tasbih adalah satu kali, walaupun hanya mengucapkan “سبحان الله”, dan sebanyak-banyaknya adalah sebelas kali.
d.   Bagi lelaki disunnahkan melebarkan dua sikunya menjauh dari dua sisi perutnya. Juga disunnahkan mengempiskan perutnya. Adapun bagi perempuan disunnahkan kedua sikunya dirapatkan dengan kedua lambungnya.
Ketika merubah posisi dari berdiri menjadi ruku’, niatnya harus benar-benar melaksanakan ruku’. Sehingga tidak sah ruku’ bagi orang yang berniat melaksanakan sujud tilawah, ketika sampai pada batasan ruku’ ia mengganti sujud tilawahnya menjadi ruku’. Bagi orang tersebut, wajib berdiri kembali dan berniat melaksanakan ruku’.
Sementara Khatib Syarbaini menjelaskan bahwa:
( وَلَا يَزِيدُ الْإمَامُ ) عَلَى التَّسْبِيحَاتِ الثُّلاثَ أَيْ يُكْرَهُ لَهُ ذَلِكً تَخْفِيفًا عَلَى المأمومين ( وَيَزِيدُ الْمُنْفَرِدُ ) وَإمَامُ قَوْمِ مَحْصُورِينً راضين بِالتَّطْوِيلِ ( اللَّهُمُّ لَكَ رَكَعْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ خُشَّعً لَكَ سَمْعَي وَبَصَرَي وَمُخُّي وَعَظْمِيُّ وَعَصَبِيٌّ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ زَادَ اِبْنُ حُبَّانٍ فِي صَحِيحِهِ ( وَمَا اِسْتَقَلْتِ بِهِ قَدَمَي ) بِكَسْرِ الْمِيمِ وَسُكُونً الياء وَهِي مُؤَنَّثَةُ قَالِ تُعَالَى { فَتَزِلُّ قَدَمٌ بَعْدَ ثُبُوتِهَا { فَيَجُوزُ فِي اُسْتُقِلْتُ إِثْبَاتَ التّاءِ وَحَذَفَهَا عَلَى أَنَّه مُفْرَدٌ وَلَا يَصُحْ هُنَا التَّشْدِيدَ عَلَى أَنَّه مُثَنَّى لِفُقْدَانِ أَلُفُّ الرَّفْعَ وَلِفَظَّةِ مُخِّيِ مَزِيدَةٍ عَلَى الْمُحَرِّرِ وَهِي فِي الشَّرْحِ وَالرَّوْضَةَ وفِيهِمَا وَفِي الْمُحَرِّرِ وَشِعْرِيِ وَبَشَرِيٍّ بَعْدَ عَصَبِيٍّ وَفِي آخِرِهِ لِلِهُ رَبٍّ الْعَالَمِينَ [5]
Dalam pelaksanaan shalat berjama’ah, dimakruhkan bagi imam untuk memperbanyak bacaan tasbih lebih dari tiga kali, tujuannya adalah untuk memberi keringanan bagi ma’mum, kecuali bagi jama’ah mahṡûrīn yang ridha dengan panjangnya bacaan imam. Bahkan disunnahkan bagi imam jama’ah mahṡûrīn dan orang yang shalat sendirian untuk menambahkan bacaan berikut dalam ruku’nya :
اللهم لك ركعت وبك آمنت ولك أسلمت خشع لك سمعي وبصري ومخي وعظمي وعصبي
Artinya:  Ya Allah, bagi-Mu ruku’ ku, dan aku beriman pada-Mu, dan bagi-Mu aku berserah. Pendengaranku, penglihatanku, pikiranku, tulang dan sarafku tunduk pada-Mu.

D.  Tata cara ruku’
Turun untuk ruku’ ada tata caranya, yaitu setelah membaca surat al-Quran, kemudian berhenti sejenak sekedar membaca bacaan Subḥānallāh, kemudian turun untuk ruku’ dengan mengangkat kedua tangan serta mengucapkan takbir.
Berikut ini penjelasan dari al-Imam al-Gazali mengenai tata cara turun untuk ruku’:
... وَلَا تَصِلُ آخِرَ السُّورَةِ بِتَكْبِيرَةِ الرُّكوعِ وَلَكِنَّ اُفْصُلْ بَيْنَهُمَا بِمِقْدَارٍ سُبْحَانَ اللهِ ... ثَمَّ كِبَرٍ لِلرُّكوعِ وَاِرْفَعْ يَدِيَكَ كَمَا سَبْقُ وَمِدُ التَّكْبيرِ إِلَى إنتهاء الرُّكوعَ [6]
…Janganlah engkau sambung akhir bacaan surat al-Qur’an dengan takbir untuk ruku’. Akan tetapi berilah jeda dengan sekedar bacaan Subḥānallāh...Kemudian ucapkanlah takbir untuk ruku’. Angkatlah kedua tanganmu sebagaimana ketika takbiratul ihram. Ucapkanlah takbir tersebut sampai sempurna melakukan ruku’.

E.  Kesempurnaan ruku’
Sempurnanya ruku’ itu ada empat perkara:  (Pertama) Meluruskan punggung dengan leher dan kepala, sehingga menjadi seperti satu papan yang tidak bengkok. (Kedua) Menegakkan lutut. (Ketiga) Memegang kedua lutut dengan kedua telapak tangan. (Keempat) Meluruskan dan merenggangkan jari-jemari sehingga menghadap kiblat. Bagi laki-laki, kedua siku direnggangkan dari lambung, sementara bagi perempuan justru sebaliknya, kedua sikunya dirapatkan dengan kedua lambungnya. Pada waktu ruku’ wajib tuma’ninah, yaitu berhenti sejenak untuk menyempurnakan ruku’.
Pada waktu ruku’ disunnahkan untuk membaca tasbih. Adapun bacaan tasbih pada waktu ruku’ dijelaskan di dalam salah satu hadis berikut ini:
فَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَ رَكَعَ قَالَ سبحان ربي العظيم وبحمده ثلاثا واذا سجد قال سبحان ربي الأعلى وبحمده[7]
Artinya: Rasulullah Saw, apabila ruku’ beliau mengucapkan: {Subḥāna Rabbiyal ‘Ażīmi wa biḥamdih } tiga kali dan apabila beliau sujud, beliau mengucapkan: { Subḥāna Rabbiyal-a’lā wa biḥamdih} tiga kali.
F.   Penutup
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tanpa ruku’ yang benar maka shalat seseorang tidak diakui oleh syara’, dan kualitas shalat seseorang sangat ditentukan oleh sempurnanya pelaksanaan pilar shalat yang ke lima. Semoga pembahasan ini dapat memberi manfaat bagi pembaca, dan mendapat ridha Allah Swt. Demikian uraian ini, dan untuk kalanjutannya silahkan baca pilar shalat yang ke enam.




Footnot:
[1] Q.S. al-Baqarah/ 2: 43.
[2] at-Tirmizi, Sunan, Juz. I, h. 188.
[3]  Muhammad al-Syaukani, Nail al-Auṭar, Juz. II, (Beirut-Libanon: Dār al-Fikr, 1996), h. 273.
[4] al-Bakri Muhammad al-Dimyati, I’ānah, Juz. I, h. 154-156.
[5] Khatib Syarbaini, al-Mugni, Juz. I, h. 155.
[6] Imam al-Gazali, Bidayah, h. 46.
[7] Abu Daud, Sunan, Juz. III, h. 35.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.